Suntik/infus Vit C untuk kulit tampak CANTIK dan Glowing; Bahaya gak sih?

Minggu, 17 September 2017

Suntik/infus Vit C untuk kulit tampak CANTIK dan Glowing; Bahaya gak sih?




Oleh;
Galuh Candra Irawan, SKM, M.Gizi
“Aah vitamin doang gak papa kali”
Banyak cara dan usaha seseorang ingin terlihat good looking mulai dari cara tradisional dengan hanya masker atau lulur dengan bahan alami hingga cara modern seperti sekarang -sekarang yang sedang marak ialah bagaimana tampak cantik dari luar entah wajah yang bersih,putih, dan glowing dengan proses tidak begitu lama dan hasil bisa di bilang maksimal. Tak sedikit dari mereka yang memuja muja perawatan kecantikan melakukan dengan cara-cara yang terbilang extreem di era modern baik dengan tanam benang di wajah, suntik vitamin ini itu bahkan ada yang sampai oprasi plastik atau oplas kayak kebanyakan artis korea.... yang dampaknya dalam jangka panjang kita tidak tahu apakah bahaya bagi kesehatan atau tidak.
Untuk beberapa orang alternatif bila ingin kulit terlihat putih,bersih dan glowing dengan proses yang tidak terlalu lama yaitu dengan cara suntik putih, ada pun zat utama yang di suntikan adalah zat yang aslinya bisa disebut zat gizi yaitu vitamin C tetapi dengan dosis yang lumayan tinggi dan super steril karena teknik yang di suntikan adalah intravena dimana langsung masuk kedalam pembuluh darah. Vitamin C yang di suntikan adalah vitamin yang sudah di siapkan untuk bekerja di dalam tubuh tanpa melalui proses pencernaan dan penyerapan dulu melalui saluran cerna,memang benar bila kita mengkonsumsi vitamin C atau vitamin yang lain lewat mulut kemudian ke saluran cerna akan memakan waktu yang cukup lama untuk pencernaan dan penyerapan vitamin tersebut dan bahkan ada beberapa yang terbuang karena tidak terserap 100 %.
Berbanding terbalik bila disuntikan langsung kealiran darah kemudian berdampak signifikan pada penampakan kulit yaitu terlihat lebih cerah dan glowing. Nah pertanyaanya apakah kalau rutin tiap minggu/ bulan dilakukan apakah ada resiko atau dampak buruk yang didapat? Begini,semua yang masuk dalam aliran darah pada dasarnya akan memalui semua organ organ dalam tubuh manusia sperti jantung ,paru,hati,bahkan otak karena jantunglah  yang memompa melaui pembuluh pembuluh darah dan pada akhirnya aliran darah akan melalui organ yang disebut Ginjal untuk di saring dan akan masuk ke dalam proses penyaringan darah dari zat zat yang tidak di perlukan oleh tubuh termasuk jumlah vitamin berlebihan yang kemudian akan di buang melalui cairan yang disebut dengan urine atau air kencing. Bila ginjal dalam kedaan normal proses ini dapat berjalan dengan lancar bila tidak maka darah yang seharusnya di saring tidak bisa tersaring dengan baik sehingga zat zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan terbuang dan cenderung dapat meracuni tubuh. Ginjal bisa menjadi tidak normal jika dipaksa untuk menyaring zat yang dapat memperberat kerja ginjal dalam jangka waktu yang lama.
Seperti suntik vitamin C dosis tinggi ( 1500 mg) per sekali suntik sehingga di khawatirkan  dapat memperberat kerja ginjal karena dosis yang anjurkan oleh Kementrian Kesehatan RI tentang vitamin C yaitu maksimal hanya 75 mg perhari. Dampak jangka panjang bila sering bahkan rutin dalam melakukan suntik vitamin C pada ginjal yang paling utama adalah terbentuknya  Oksalat yaitu zat padat seperti batu berukuran sangat kecil hasil dari penyaringan vitamin C pada ginjal yang beresiko memicu gagal ginjal karena menyumbat dan dapat menggores celah-celah halus sebagai penyaring pada ginjal. Bila Vitamin C yang tersaring oleh ginjal dalam jumlah ambang batas ( 75 mg / hari ) tidak menjadi masalah, dan bisa menjadi masalah bila jumlah Vitamin C yang tersaring jumlahnya jauh melebihi ambang batas,bahayanya apa? Bahayanya adalah jumlah oksalat yang tersaring juga lebih banyak sehingga zat padat yang tadinya kecil inilah yang akan terakumulasi dan menjadi ukuran yang lebih besar seperti batu atau bisa di sebut batu ginjal. Tidak perlu takut ada cara untuk mengatasinya,bagaimana? Yaitu dengan konsumsi air yang cukup 8 x 250 ml (1 gelas belimbing ) perhari. Gak salah juga bila seseorang ingin terlihat good looking,cantik,dan Glowing tapi hal terpenting dan Utama ialah  biarkan tubuh memerlukan zat dengan jumlah yang tubuh perlukan saja dan tidak berlebihan sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

0 komentar :

Posting Komentar